Senin, 11 Juni 2012

"Cara Belajar Tehnik Vokal Scream."

Scream!

Suara atau yang akrab kita sebut dengan vokal, dalam bermain musik atau band sangantlah penting, karena vokal di tempatkan sebagai objek yang pundamental dalam bermusik, diblog saya kali ini membahas atau share maslah bagaimana karakter vokal scream atau chord dan growl itu kita bisa lebih mahir dalam memainkanya dan prepisional easy and menjadi masternya rocker. Dan sebenarnya berlatih memainkan karakter vokal ini sangatlah susah dan membutuhkan kewaspadaan dalam berlatihnya, karena bagaimanapun karakter vokal scream ini mengandalkan dari kerongkongkan tenggorokan yang setiapkali dalam perbait atau kata kita harus mengeluarkan suara itu, saya memakai cara secara userfriendly saja, yang bisa kita lakukan pada kegiatan sehari-hari baik di rumah atau di tempat yang sepi, yang setidaknya jauh dari keramaian orang untk melatihnya, karena vokal scream seperti yang anda sudah ketahui memiliki karakter hardvoice, setidaknya kita bisa menjaga situasi yang ada pada lingkungan, gunakan lingkungan sebagai wadah kamu konser band yang ramah dan dan penuh energy.


Karakter vokal scream ini ada yang menggunakan teknik vibrato (suara getar) yg paling penting, untuk vocal ini apa cukup dengan hanya menaik-turunkan pitch nada , berlatih dari nada yang pelan-pelan tetapi tidak mengurangi karakter Scream yang ada meskipun pelan-pelan hingga jadi cepat secara otomatis bergetarnya,
Hirup udara sediktit demi sedikit dengan teknik scream
ada lagi sih teknik2 vibra lain yg gua prnah dgr, sperti misalnya: katanya dengan “permainan nafas” ?
ato ada lagi, katanya dengan “permainan lidah & gerak mulut” ?
bahkan katanya banyak yg “malsuin vibra” di pop/rock ya? …
Cara Alternatif untuk memperindah suara Scream diantaranya dengan ramuan :
  1. Jangan merokok
  2. minum air embun yang sudah di simpan untuk beberapa hari disimpan dan minum di pagi hari
  3. minum serat jeruk
  4. air serbat, atau wedang asem
  5. mimi wedang bandrek (jahe)
Cara natural:
1. Sering berlatih Suara band cadas (scream) min 2jam
2. Atur pernafasan untuk keluar masukan 8jam dalam 1hr
Dah itu dulu selanjutnya di posting beriktnya yc…
Tapi sebelum kelar nie ada Teknik musik dulu..:
UNSUR-UNSUR TEKNIK VOCAL :
  1. Artikula, asidalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  2. Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
  1. Phrasering adalah : aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  2. Sikap Badan : adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  3. Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  4. Vibrato adalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  5. Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
  6. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
Pendengaran yang baik
Kontrol pernafasan
Rasa musical.
NADA adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.
SIFAT NADA ADA 4 (EMPAT) :
  1. FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada.
  2. DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan
  3. INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.
  4. TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.
AMBITUS SUARA adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.
Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.
CRESCENDO adalah suara pelan berangsur-angsur keras.
DESCRESCENDO adalah suara keras berangsur-angsur pelan.
STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.
SUARA MANUSIA DIBAGI 3 (TIGA) :
  1. Suara Wanita Dewasa ;
Sopran (suara tinggi wanita)
Messo Sopran (suara sedang wanita)
Alto (suara rendah wanita)
  1. Suara Pria Dewasa :
Tenor (suara tinggi pria)
Bariton (suara sedang pria)
Bas (suara rendah pria)
  1. Suara Anak-anak :
Tinggi
Rendah.
TANGGA NADA DIATONIS adalah rangkaian 7 (tujuh) buah nada dalam satu oktaf yang mempunyai susunan tinggi nada yang teratur.
Tangga Nada Diatonis Mayor adalah Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).

"Berikut tehnik - tehnik vocal scream dan beserta cara - caranya."
1. SCREAM :
Ini adalah dasar dari semua Scream yang ada untuk melakukannya cukup dengan langkah langkah seperti ini :
- mengeluarkan nafas dengan cara yang agak berat
- biasakan dengan kondisi seperti itu lalu cobalah sambil berteriak (tetapi gag usah banter banter, untuk awal awal kita hanya memerlukan sampai terdengar "teriakan" yang agag berat bila didengar).

Band yang memakai teknik ini : saya kira karena teknik ini salah satu dasar dari teknik - teknik vocal scream jadinya cukup banyak yang memakai teknik seperti ini.

Contohnya : The Used, Alesana,Walls of Jerricho, etc.

2. GROWL :

Teknik Yang Satu ini Memiliki Nama lain yaitu "SCREAM Rendah" karena pada dasarnya Teknik ini Sama Seperti SCREAM Cuman Bedanya itu Bentuk Mulut ketika SCREAM dengan GROWL berbeda. karena ketika kita melakukan SCREAM bentuk mulut kita biasanya kita buka lebar lebar, namun ketika kita ingin melakukan GROWL bentuk mulut kita harus dibentuk seperti pelafalan huruf " O " sehingga suara yang dihasilkan itu menjadi rendah.
(nb : jika kita tidak terbiasa growl kadang tenggorokan merasakan gatal yang amat sangat sehingga membuat growl itu jadi terputus putus)

Band yang memakai teknik ini : kalau GROWL biasanya hampir dipakai oleh semua band band beraliran Underground.

Contohnya : The Black Dahlia Murder, Atreyu, Carnifex , etc.

3. GRUNT :

Untuk Teknik Scream yang Satu ini Beda dengan SCREAM maupun GROWL, karena GRUNT itu menghisap suara. dan teknik ini menurut saya adalah teknik yang sangat mudah dipelajari karena kita hanya perlu berbicara dengan menyedot bukan mengeluarkan.

Band yang memakai teknik ini : Sama seperti Scream ,Teknik ini termasuk dasar dari teknik - teknik vocal scream sehingga cukup banyak band - band Undeground yang memakai teknik ini.

Contohnya : Amon Amarth, Job for a Cowboy, Suicide Silence, etc.

4. PIG SQUEALS :
Teknik yang satu ini menurut saya adalah modifikasi dari GRUNT karena pada awalnya teknik ini sama dengan GRUNT (sama sama menyedot) namun suara yang dihasilkan lebih terdengar seperti "Mendengkur" dan lebih melengking daripada GRUNT. Cara untuk Menciptakan suara " Dengakuran " tersebut adalah dengan melipat lidah kita kebelakang lalu baru kita sedot dengan teknik GRUNT yang melengking namun santai, Barulah terdengar Suara PIQ SQUEALS.

Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang agak sulit jadinya band yang memakai teknik ini tidak sebanyak seperti ketiga teknik scream yang sebelumnya. Biasanya PIG SQUEALS banyak ditemukan di Band - Band Metal yang lebih condong ke arah Death Metal atau Grindcore.

Contohnya : Job for a Cowboy, Mucopus, Guttural Secrete, etc.

5. FRY :
Tenik ini juga merupakan teknik modifikasi dari SCREAM , Seperti namanya teknik ini kalo kita dengar suaranya seperti suara yang keluar dari tenggorokan yang kering.
tapi akhir akhir ini saya sharing dengan beberapa vocalist band yang mempunyai karakter vocal fry, mereka mengatakan bahwa teknik ini adalah ciri suara mereka
pertamanya saya tidak percaya tapi setelah saya melihat cara mereka memakai teknik ini
akhirnya saya memang bisa menyimpulkan kalau teknik ini memang adalah dari ciri masing masing karakter suara vocal seseorang

Band yang memakai teknik ini : karena teknik ini terbilang cukup mudah, maka cukup banyak juga band - band yang memakai teknik ini

Contohnya : Lamb of God, Bless The Fall, Screaming Factor(Band Indie Dari Malang), etc.

6. FALSE :
Untuk teknik yang satu ini banyak yang mengatakan bahwa teknik yang satu ini sangat susah karena teknik ini sama halnya seperti SCREAM namun terjadi Distorsi di tenggorokan dan pelebaran bentuk mulut sehingga menghasilkan suara yang SCREAM yang tinggi namun berdistorsi. untuk mengeluarkan distorsi di tenggorokan ada cara -caranya :
- cobalah berkata "Heahhh" tapi cara pengeluarannya adalah seperti saat kita berkata "Ehemm - Ehemm" yang menyebabkan tenggorokan kita seperti bergetar
- coba lakukan langkah pertama itu dengan tambahan SCREAM
- lalu untuk membuat suaranya menjadi tinggi, mainkan bentuk mulut anda. seperti halnya kalau ingin semakin tinggi kita harus lebarkan mulut kita
Untuk anda yang ingin belajar teknik yang satu ini. sering seringlah mendengarkan lagu - lagu dari band yang memakai teknik ini, dari sana pasti anda akan menemukan letak penting dari teknik FALSE ini.

Band yang memakai teknik ini : Banyak yang menyangka teknik ini rumit sehingga kurang begitu banyak yang memakai teknik ini, teknik teknik seperti ini banyak di temukan di Band Band yang Beraliran Deathcore, Grindcore, Deathmetal.

Contohnya ; Miss May I, Suicide Silence, The Black Dahlia Murder, etc.

7. DEATH :
Teknik Scream satu ini adalah suatu bentuk scream yang sangat melengking sehingga kadang kadang terdengar seperti suara falsetto yang sangat melengking. Kalau menurut saya pribadi teknik ini dasarnya adalah dari basic suara orang itu sendiri. Kalau dari basic suaranya lebih tinggi akan lebih memudahkan untuk memelajari teknik ini.
sumber : http://sixxeffect.blogspot.com
sumber : http://www.facebook.com/pages/OptimistDay18inc

0 komentar:

Poskan Komentar